Tuesday 7 July 2015

Sistematika Penulisan Karya Ilmiah

Sistematika Penulisan Karya Ilmiah - Bagi kalian yang akan menghadapi semester akhir atau yang sedang megnalaminya, pasti akan diwajibkan membuat karya ilmiah seperti skripsi. Bagaimana memulainya dan harus seperti apa penulisannya, pasti akan muncul di pikiran kalian yang belum pernah mengenal karya ilmiah. Berikut ini adalah sistematika penulisannya.

A. BAGIAN AWAL :
  • HALAMAN SAMPUL
  • HALAMAN JUDUL
  • LEMBAR PENGESAHAN/PERSETUJUAN
  • ABSTRAK
  • KATA PENGANTAR
  • DAFTAR ISI

B. BAGIAN INTI :

· BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

1.2 Rumusan Masalah

1.3 Tujuan Penelitian/Tujuan Penulisan

1.4 Hipotesis Penelitian/Penulisan (jika ada)

1.5 Manfaat Penelitian /Penulisan

· BAB II KAJIAN PUSTAKA

2.1 ………………………………..

2.2…………………………………

2.3…………………………………

Dst

· BAB III METODE PENELITIAN

3.1 Rancangan Penelitian

3.2 Populasi dan Sampel

3.3 Instrumen Penelitian

3.4 Pengumpulan Data

3.5 Analisis Data

· BAB IV HASIL PENELITIAN

4.1 Deskripsi Data

4.2 Pengujian Hipotesis

· BAB V PEMBAHASAN

5.1 ………………………………………

5.2……………………………………….

5.3 ………………………………………

· BAB VI PENUTUP

6.1 Kesimpulan

6.2 Saran

C. BAGIAN AKHIR

Daftar Pustaka

Biodata

Lampiran-lampiran

  1. Lata Belakang > Mengemukakan adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan, memaparkan secara ringkas teori , hasil penelitian, pengalaman/pengamatan yang terkait erat dengan pokok masalah yang diteliti
  2. Rumusan Masalah > Upaya untuk menyatakan secara tersurat pertanyaan-pertanyaan yang hendak dicarikan jawabannya. Rumusan masalah disusun secara singkat, padat, jelas , dan dituangkan dalam bentuk kalimat tanya.
    Contoh : Apakah terdapat hubungan antara tingkat kecerdasan siswa SMP dengan prestasi belajar mereka dalam matapelajaran Matematika ?
  3. Tujuan Penelitian > Mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai dalam penelitian dan mengacu pada isi dan rumusan masalah.Rumusan tujuan penelitian dituangkan dalam bentuk kalimat pernyataan.
    Contoh : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya hubungan antara tingkat kecerdasan siswa SMP dengan prestasi belajar mereka dalam matapelajaran Matematika.
  4. Manfaat Penelitian > berisi kegunaan penelitian yang berisi alas an atas masalah yang diteliti sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian terhadap masalah yang dipilih memang layak untuk dilakukan.
  5. Kajian Pustaka > berisi deskripsi teoritis tentang objek yang diteiti. Pengertian atau konsep yang ada kaitannya dengan permasalahan
  6. Metode Penelitian > mencakup rancangan penelitian, populasi dan sample, instrument penelitian, pengumpulan data, serta analisis data.
  7. Rancangan Penelitian > diartikan sebagai strategi mengatar latar/seting penelitian agar peneliti memperoleh data yang valid sesuai dengan karakteristik objek /variable dan tujuan penelitian.
  8. Populasi dan Sampel > populasi > seluruh jumlah sesuatu yang akan diteliti di suatu tempat sedangkan sampel bagian kecil yang mewakili keseluruhan yang akan diteliti
  9. Instrumen Penelitian > digunakan untuk mengukur sesuatu yang akan diteliti, kemudian dipaparkan prosedur pengembangan instrument pengumpulan data atau pemilihan alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian.
  10. Pengumpulan Data > merupakan (1) langkah-langkah yang ditempuh dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data, (2) kualifikasi dan jumlah petugas yang terlibat dalam proses pengumpulan data, (3) jadwal waktu pelaksanaan pengumpulan data
  11. Analisis Data > menguraikan proses pelacakan dan pengaturan secara sistematis tentang wawancara, catatan di lapangan, dan baha-bahan lain agar peneliti menyajikan temuannya

Load comments