Friday 15 September 2017

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Halaman 48

(1) Buatlah sebuah teks eksplanasi dengan tema “Hujan Asam”. Kalian bisa mencari referensi tentang hujan asam di perpustakaan sekolah kalian dan di media cetak atau elektronik. Buatlah teks tersebut dengan kata-kata kalian sendiri.

Hujan asam adalah suatu masalah linkungan yang serius yang harus benar-benar di fikirkan oleh umat manusia. Hujan asam merupakan istilah umum untuk mengambarkan turunnya asam dari atmosfer ke bumi. Fenomena ini tentu sangat merugikan, karena hujan asam dapat menyebabkan kerusakan terhadap sarana dan prasarana (infrastruktur) dimuka bumi.

Peristiwa hujan asam ini terjadi karena zat belerang yang ada di atmosfer yang merupakan gas yang di hasilkan dari gas pembakaran bahan bakar fosil yang ada di bumi. Proses hujan asam terjadi karena as sulfur oksida yang mayoritas di keluarkan dari asap pabrik dan gas nitrogen oksida yang di hasilkan dari asap kendaraan bermotor yang berkumpul menjadi satu dan bereaksi dengan uap air yang ada di udara.

Terjadinya hujan asam secara alamiah disebabkan oleh aktivitas gunung berapi, saat ini terjadinya hujan asam lebih banyak karena campur tangan manusia seperti dari industri dan kendaraan bermotor.

Dampak dari hujan asam yaitu rusaknya sarana dan prasarana dibumi. Hujan asam yang jatuh dari awan mengakibatkan benda-benda berkarat, yang jika terjadi secara terus menerus akan melapukkan benda-benda yang terkena hujan asam.

Hujan asam yang jatuh ke laut dapat membuat ikan-ikan atau biota laut mati dan terhambat perkembangbiakannya karena pengaruh keasaman dari hujan asam. Selain itu hujan asam juga dapat menjadi racun bagi manusia.

(2) Buatlah abstraksi (ringkasan) teks “ Faktor Penyebab Perubahan Sosial” itu.

Perubahan Sosial yang terjadi pada masyarakat merupakan perubahan dalam struktur masyarakat dan berdampak pada berubahnya sistem sosial masyarakat seperti nilai, norma dan sikap perilaku, maupun perubahan pada lembaga kemasyarakatannya.

1) Faktor-faktor Internal Faktor-faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam masyarakat.

a) Jumlah Penduduk Jumlah penduduk menentukan cepat atau lambatnya perubahan sosial yang terjadi.

b) Penemuan-Penemuan Baru (Inovasi) Penemuan-penemuan baru dapat mendorong perubahan sosial dalam masyarakat.

c) Konflik dalam Masyarakat Pertentangan atau konflik dalam masyarakat juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya perubahan sosial.

d) Revolusi merupakan perubahan secara cepat yang terjadi karena adanya ketidakpuasan masyarakat terhadap sistem pemerintahan yang ada.

2) Faktor-faktor Eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari luar masyarakat

a) Kondisi alam yang berubah atau bencana alam mengakibatkan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut terpaksa berpindah untuk mencari tempat yang lebih aman.

b) Peperangan dalam hal ini berarti pertikaian antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain di luar batas-batas negara.

c) Pengaruh Kebudayaan Masyarakat Lain Interaksi antar masyarakat membawa pengaruh dalam pola perilaku.

(2) Ceritakan kembali teks “Faktor Penyebab Perubahan Sosial” dengan penjelasan yang lebih singkat.

Perubahan Sosial yang terjadi pada masyarakat merupakan perubahan dalam struktur masyarakat dan berdampak pada berubahnya sistem sosial masyarakat seperti nilai, norma dan sikap perilaku, maupun perubahan pada lembaga kemasyarakatannya.

3) Faktor-faktor Internal Faktor-faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam masyarakat.

e) Jumlah Penduduk

f) Penemuan-Penemuan Baru (Inovasi)

g) Konflik dalam Masyarakat

h) Revolusi

4) Faktor-faktor Eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari luar masyarakat

d) Kondisi alam

e) Peperangan


f) Pengaruh Kebudayaan Masyarakat

Load comments