Saturday 25 July 2015

Dampak Positif Globalisasi



A.   Dampak Positif Globalisasi
1.     Globalisasi Perdagangan
1)  Liberalisasi perdagangan barang, jasa layanan, dan komoditi lain memberi peluang kepada Indonesia untuk bersaing merebut pasar perdagangan luar negeri, terutama hasil pertanian, hasil laut, tekstil dan barang tambang.

2)  Dibidang jasa, kita mempunyai peluang menarik wisatawan mancanegara untuk menikmati keindahan alam dan budaya tradisional yang beraneka ragam.

2.      Globalisasi Produksi
Ada  kecenderungan   perusahaan   asing  memindahkan  operasi  produksi perusahaannya ke negara-negara sedang berkembang, dengan pertimbangan keuntungan geografis (melimpahnya bahan baku, areal yang luas dan tenaga kerja yang murah); meskipun masih sangat terbatas dan rentan terhadap perubahan-perubahan kondisi social-politik dalam negeri maupun perubahan-perubahan global, Indonesia memiliki peluang untuk menjadi tempat baru bagi perusahaan tersebut.
3.      Globalisasi investasi
Kecenderungan global terbatasnya investasi yang langsung (foreign direct investment) justru memberikan peluang bagi pasar modal di Indonesia, misalnya Bursa Efek Jakarta (BEJ), untuk meningkatkan transaksinya tanpa harus bersaing dengan investor asing yang enggan berinvestasi secara langsung dengan mendirikan perusahaan sendiri.
4.      Globalisasi Pasar Uang
Peredaran uang secara langsung dan tanpa batas negara memiliki aspek positif antara lain : para pengusaha dapat melakukan transaksi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, memberikan peluang kepada lembaga perbankan Indonesia untuk merebut jasa pelayanan kartu kredit, transfer antar bank dan layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
5.      Globalisasi pasar Kerja
Kebebasan gerak para pekerja yang semakin mengglobal memberikan kesempatan kepada pekerja dari Indonesia untuk memperoleh lapangan pekerjaan di perusahaan asing, baik yang ada didalam negeri maupun diluar negeri.
6.      Globalisasi Politik
Kecenderungan melemahnya kedaulatan negara justru dapat dipakai sebagai alat uji empiris terhadap pemerintah Indonesia sejauh mana ia mampu melakukan lobi diplomatic untuk menyeimbangkan kekuatan tawar-menawar dengan organisasi internasional ataupun negara-negara maju. Uji kasus ini penting untuk memberikan dukungan atau mencabut dukungan kepada pemerintah.
7.      Globalisasi Organisasi dan Hubungan Internasional
Meski organisasi internasional seperti terutama Bank Dunia, WTO da IMF menunjukkan kecenderungan sangat berkuasa dalam hubungan internasional, sisi-sisi positif yang diambil adalah memberi peluang bagi menteri perekonomian dan pejabat perwakilan konsuler Indonesia untuk melakukan lobi diplomatic dalam rangka menyeimbangkan kekuatan tawar-menawar, yang pada akhirnya menemukan jalan keluar yang terbaik dalam menyelesaikan perekonomian Indonesia.
8.      Globalisasi Media
Distribusi citra (image) dan informasi global terutama melalui media elektronik seperti televisi, video dan internet, memberikan nilai positif sebagai berikut:
a.  Menjadi sarana pendidikan bagi orang Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
b. Memudahkan memperoleh barang-barang manufaktur berkat citra global.
9.    Globalisasi Turisme
Globalisasi turisme Internasional memberikan sumbangan positif bagi perkembangan turisme di Indonesia.Misalnya : menambah lapangan kerja baru bagi agen perjalanan wisata, meningkatkan angka tingkat hunian hotel, berkembangnya jasa transportasi dan lain-lain.

Load comments