Tuesday 30 June 2015

Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Kehidupan berbangsa dan bernegara - Pengertian Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan asal keturunan, bahasa, ideologi, budaya, dan sejarah serta berpemerintahan sendiri. Sedangkan berbangsa adalah manusia yang mempunyai landasan etika, bermoral, dan ber-akhlak mulia dalam bersikap mewujudkan makna sosial dan adil.

Negara adalah suatu wilayah yang kekuasaannya baik politik, militer, ekonomi, sosial maupun budayanya diatur oleh suatu pemerintahan yang berada di wilayah tersebut. Sedangkan bernegara adalah manusia yang memiliki kepentingan sama dan menyatakan dirinya sebagai satu bangsa serta berproses di dalam satu wilayah dan mempunyai cita-cita yang berlandaskan niat untuk bersatu dalam membangun rasa nasionalisme .

Yang dimaksud dengan “kesadaran berbangsa dan bernegara”, adalah sadar bahwasanya kita berada di tempat yang memiliki bahasa, ideologi, budaya, dan/atau sejarah yang sama dan mempunyai aturan-aturan baik dalam bidang politik, militer, ekonomi, sosial maupun budaya yang diatur oleh Negara. Kesadaran berbangsa dan bernegara merupakan sikap yang harus sesuai dengan kepribadian bangsa yang dikaitkan dengan cita-cita dan tujuan hidup bangsa itu sendiri.

FAKTOR PENDUKUNG TINGKAT KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
  1. Tingkat ke-amanah-an seorang pejabat. Apabila pejabat amanah dalam menjalankan tugas, tentu saja semua oknum akan berlaku jujur dalam menjalankan tugasnya.
  2. Pemerataan kesejahteraan setiap daerah. Dengan pemerataan, maka setiap warga akan merasakan dari adanya aturan yang sama dan perlakuan yang sama sebagai warga Negara tersebut.
  3. Kepercayaan kepada wakil rakyat atau pemerintahan. Dengan memberikan kepercayaan kepada pemerintahan maka akan tumbuh rasa bangga bahwasanya mempunyai Negara yang bias dibanggakan. Dan wakil rakyat pun akan dengan senang hati menjalankan amanah.
  4. Tegasnya hukum dan aturan pemerintahan. Dengan hukum dan aturan yang tegas serta adil maka akan tercipta kedamaian sehingga akan tumbuh rasa percaya, bangga terhadap Negara
  5. Dorongan diri. Kita harus merasa memiliki dan bangga berbangsa Indonesia serta menyadari bahwa berbangsa dan bernegara yang satu.

FAKTOR PENURUNAN KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
  1. Rasa malu berbangsa dan bernegara Indonesia.
  2. Ketidak tahuan akan nilai-nilai positif/kekayaan Negara Indonesia.
  3. Merosotnya tingkat keamanan Negara Indonesia.
  4. Ketidak percayaan kepada pemerintahan.
  5. Ketidak-sahajaan para pemimpin.
  6. Ketidak tegasan hukum yang berlaku.
  7. Rasa ingin menonjolkan golongan masing-masing.
  8. Merosotnya nilai toleransi dan saling menghargai

PENGERTIAN GEOPOLITIK

Kata geopolitik berasal dari kata geo dan politik. “Geo” berarti bumi dan “Politik” berasal dari bahasa Yunani politeia, berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri (negara) dan teia yang berarti urusan. Sementara dalam bahasa Inggris, politics adalah suatu rangkaian asas (prinsip), keadaan, cara, dan alat yang digunakan untuk mencapai cita-cita atau tujuan tertentu. Dalam bahasa Indonesia, politik mempunyai makna kepentingan umum warga negara suatu bangsa. Politik merupakan suatu rangkaian asas, prinsip, keadaan, jalan, cara, dan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu yang kita kehendaki.
Secara umum geopolitik adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri, lingkungan, yang berwujud Negara kepulauan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Load comments