Monday 18 September 2017

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Halaman 34

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Halaman 34
(2) Pada teks “Ratusan Warga di Malang Berebut Air Bersih” kalian masih dihadapkan pada tema peristiwa alam yang mengakibatkan terjadinya peristiwa sosial yang berupa berebut air bersih. Namun, kalian tahu bahwa jenis teks yang digunakan bukan merupakan jenis teks eksplanasi, melainkan teks laporan. Tugas kalian adalah mengubah teks laporan menjadi teks eksplanasi. Kerjakanlah tugas kalian dengan mengisi teks yang rumpang berikut. Ratusan warga di Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur antre dalam pembagian air minum yang diberikan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, Rabu (26/9/2012) siang. Warga di desa tersebut sudah sejak Juli lalu mengalami kekeringan dan krisis air bersih.

  1. Kekeringan dan krisis air bersih di desa tersebut menyebabkan
    air untuk kebutuhan tanaman tak ada sehingga terpaksa membiarkan tanamanya mati.
  2. PMI Kabupaten Malang memberikan bantuan air minum secara langsung dengan mendatangi warga setempat. Pada saat tangki air dari PMI tiba di rumah seorang warga, tanpa disuruh, ratusan warga langsung menyerbu tangki air dengan membawa jerigen.
  3. Namun, imbauan petugas PMI itu tidak digubris. Warga malah berebut menaruh jerigen di depan tangki agar lebih dulu mendapatkan air.

Load comments