Monday 18 September 2017

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Halaman 44-45


(1)  Kalian bisa memulainya dengan membuat struktur yang sesuai. Struktur tersebut harus berisi pernyataan umum^urutan sebab-akibat. Untuk memudahkan pekerjaan kalian, berikut ini disajikan diagram yang masih rumpang. Bagian pernyataan umum sudah diisi. Lengkapilah tabel peristiwa yang belum diisi.

No
Struktur
Ide Pokok/Gagasan
1
Pernyataan umum
Banjir bandang adalah banjir besar yang datan dengan tiba – tiba dan mengalir deras menghanyutkan benda – benda besar atau juga disebut air bah.
2
Urutan sebab – akibat (penyebab banjir bandang)
·         Gundulnya hutan didaerah hulu.
·         Pasangnya air laut secara tiba – tiba.
3
Urutan sebab – akibat (akibat yang ditimbulkan oleh banjir bandang)
·         Banjir bandang mengakibatkan korban jiwa.
·         Sarana dan prasarana yang tersedia mengalami kerusakan.
4
Urutan sebab – akibat (contoh banjir bandang yang pernah melanda tanah air)
·         Penebangan hutan dihulu secara berlebihan menyebabkan hilangnya daerah resapan air.
·         Pembuangan sampah mengakibatkan sungai tidak berfungsi dengan baik.
(2)  Setelah mengisi bagian yang rumpang pada soal nomor (1), kalian bisa memasukkannya ke dalam kerangka teks berikut.
Banjir bandang
Banjir bandang adalah banjir besar yang datang dengan tiba-tiba dan mengalir deras menghanyutkan benda-benda besar atau disebut juga dengan air bah. Penyebab terjadinya banjir bandang ( salah satunya adalah karena hutan yang gundul didaerah hulu. Air hujan yang turun tidak bisa diserap dihulu, sehingga air hujan langsung turun kehilir. Apabila terjadi hujan deras maka debit air bertambah dan bisa mengakibatkan banjir bandang.
Selain penyebab diatas, banjir bandang juga bisa disebabkan oleh pasang surut air laut. Air laut yang semula surut tiba – tiba pasang, sehingga air laut sampai kepemukiman masyarakat sekitar. Hal tersebut bisa mengakibatkan banjir bandang.
Banjir bandang menciptakan berbagai macam persoalan. Banjir bandang merusak berbagai fasilitas maupun sarana dan prasarana, termasuk rumah warga. Aliran air yang sangat deras dari hulu dengan membawa berbagai macam material menghantam pemukiman warga. Hal tersebut menakibatkan rusaknya rumah warga serta sarana dan prasarana yang tersedia.
Banjir bandang dapat memakan korban jiwa. Warga yang sedang beristirahat, bersantai, berkumpul dengan keluarga tidak memikirkan sesuatu yang buruk akan terjadi. Warga yang sedang sibuk dengan aktivitasnya masing – masing tidak tahu akan datangnya banjir bandang mengakibatkan mereka tidak bisa menyelamatkan diri. Orang – orang yang tidak sempat menyelamatkan diri terbawa arus banjir bandang. Ketika Oran yang terbawa arus ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa.
Penebangan hutan didaerah hulu mengakibatkan daerah resapan air menghilang. Rendahnya kesadaran akan pentingnya hutan bagi kehidupan umat manusia menjadikan mereka tidak peduli dengan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Manusia sering memanfaatkan sumber daya alam secara berlebihan, mereka hanya memikirkan nafsunya saja. Hal tersebut yang menyebabkan hutan dan daerah resapan air menghilang. Apabila hujan deras turun, air tidak bisa diserap didaerah hulu dan langsung turun yang menyebabkan Banjir bandang.

Pembuangan sampah sembarangan mengakibatkan sungai tidak berfungsi dengan baik. Masyarakat sering mengabaikan fungsi sungai. Sungai dialih fungsikan oleh sebagian masyarakat menjadi tempat sampah yang gratis tanpa memperhatikan dampak yang ditimbulkan. Sampah yang dibuang kesungai mengakibatkan terganggunya aliran air. Ketika terjadi hujan deras turun di daerah hulu dan langsung turun tidak akan mengalir dengan lancar. Aliran air yang tertahan akan mengakibatkan banjir bandan.) Banjir bandang tidak bisa dianggap sebagai satu persoalan tunggal, tetapi sesuatu yang diakibatkan oleh beberapa faktor yang secara berantai mengundang banjir. Pemerintah dan masyarakat harus bersatu padu menanggulangi banjir agar dampak negatif bencana alam yang satu ini dapat diminimalisasi.

Load comments