Thursday 2 July 2015

Korelasi Kesatuan dengan Republik bagi Indonesia


Mengapa Indonesia memilih republik? - Indonesia merupakan sebuah negara berbentuk republik. Hal ini dikarenakan republik adalah bentuk negara yang sekiranya sangat cocok untuk Indonesia. Republik mengatur kekuasaan yang berada
pada pemerintahan pusat. Indonesia memilih republik karena pada dasarnya Indonesia memiliki satu tujuan yaitu mempersatukan antar wilayah dari sabang sampai merauke. Terlebih lagi Indonesia memiliki bermacam-macam budaya serta cara bersosialisasi yang berbeda-beda. Jika Indonesia memilih bentuk pemerintahan federal, maka Indonesia tidak akan berjalan hingga saat ini. Karena sistem federal sangat sulit diterapkan di Indonesia. Negara yang berbentuk federal merupakan bentuk dari negara bagian bukan negara kesatuan, dan didalam masyarakatnya juga homogen ada kesamaan-kesamaan antar wilayah. Negara yang berbentuk federal harus mempunyai pemerintahan yang kuat yang dapat menyelesaikan konflik antar wilayah bagian jika hal tersebut terjadi. Sedangkan di Indonesia masyarakat yang ada didalamnya adalah heterogen. Jika Republik Indonesia diubah menjadi federasi, maka UUD pun juga harus diubah. Apabila Indonesia tetap dipaksakan menjadi negara yang berbentuk federal, maka masyarakatnya yang heterogen akan menjadi penghambat jalannya negara tersebut. Selain itu negara berbentuk federal merupakan negara bentukan dari negara yang telah menjajah negara tersebut. Indonesia bukanlah bekas negara bentukan dari negara jajahan. Indonesia memperoleh kemerdekannya karena perjuangan dan rasa nasionalisme yang tinggi.

Mengapa Indonesia memilih Negara kesatuan?

Indonesia menyepakati bahwa bentuk negara republik lah yang paling cocok dengan kepribadian dasar warga Indonesia itu sendiri secara keseluruhan. Bentuk negara republik ini dapat mencerminkan betapa kokoh negara Indonesia berdiri sebagai negara kesatuan ditengah perbedaan suku, ras, agama, kepercayaan dan lain sebagainya. Bahwa Indonesia mampu menjadi negara yang modern dengan sifat khasnya yaitu negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai kesatuan, kekeluargaan dan gotong royong. Pertanyaan yang selanjutnya muncul adalah mengapa bukan federal? Sebenarnya disadari atau tidak, pada saat Indonesia menggunakan konstitusi UUDS 1950 indonesia secara tidak langsung telah menggunakan sistem pemerintahan yang federal, dimana terdapat begitu banyak kabinet yang harus jatuh bangun dalam mempertahankan eksistensinya. Tapi konstitusi tersebut tidak bertahan lama. Mengapa? Karena sejatinya sistem pemerintahan federal memang tidak sesuai jika diterapkan di Indonesia dan memang orang Indonesia tidak cocok menggunakan sistem federal tersebut. Satu-satunya sistem pemerintahan yang cocok untuk bangsa Indonesia adalah bentuk negara kesatuan yaitu republik.

Dari penjelasan diatas, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa republik adalah satu-satunya bentuk negara yang cocok untuk merepresentasikan bangsa Indonesia itu sendiri. Hal ini dikarenakan bentuk negara republik mampu menjelaskan bahwa Indonesia merupakan negara kesatuan yang mampu mempersatukan seluruh perbedaan yang begitu beragam dari rakyat Indonesia itu sendiri. Sekaligus republik juga mampu menggambarkan betapa negara Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dalam keeksistensiannya sebagai sebuah negara.

Load comments